Berkat perkembangan
teknologi nirkabel yang semakin canggih, pelajar sekarang dapat memanfaatkan website
pembelajaran digital kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran mobile menarik
semakin banyak perhatian di arus pembelajaran digital. Evolusi penggunaan
manajemen pengetahuan memainkan peranan penting untuk meningkatkan skil
penyelesaian masalah (problem solving). Baru – baru ini, pendekatan inovatif
untuk mengintegrasikan manajemen pengetahuan ke dalam aktivitas pengajaran
telah diabaikan. Ini adalah studi pertama yang focus pada desain suatu system mobile
manajemen pengetahuan yang mendorong pelajar untuk mendapatkan, menyimpan,
membagi, menerapkan, dan menciptakan pengetahuan. Ketika pelajar menggunakan perangkat
mobile yang berbeda – beda untuk belajar, layar yang lebih lebar memiliki
kinerja yang lebih baik daripada layar yang lebih kecil dalam hal kinerja tugas
dan kualitas kerja system. Dianalisa dengan prestasi belajar, kelompok percobaan
memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengadopsi system pembelajaran mobile
manajemen pengetahuan daripada kelompok control dari kelas kuliah tradisional. Setelah
mengevaluasi penerimaan system melalui survey kuisioner, hasil percobaan
mengindikasikan bahwa (1) Kemudahan penggunaan dapat secara positif
memprediksikan kegunaan yang dirasakan oleh pengguna, (2) kemudahan penggunaan
dan kegunaan dapat secara positif memprediksikan intensi perilaku dalam
penerimaan system. Kemudahan penggunaan adalah factor kunci dari keinginan
pelajar untuk dibimbing melalui proses pembelajaran system.
Source: https://www.researchgate.net/publication/220374359_User_Acceptance_of_Mobile_Knowledge_Management_Learning_System_Design_and_Analysis
Komentar
Posting Komentar